Senin, 02 Oktober 2017

PENGGUNAAN FRAMEWORK PADA HALAMAN WEB




Apa itu Framework ? 

Sebelum lebih lanjut ada baiknya kita mengenal Framework lebih awal.

Framework atau bahasa indonesianya kerangka kerja adalah sebuah software untuk memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi.
Namun, menggunakan framework bukan berarti kita bebas dari pengkodean. Kita sebagai pengguna/programmer menggunakan variabel dan fungsi-fungsi yang ada di sebuah framework itu. Karena itulah, kerja kita bisa menjadi efektif karena tidak harus membuat fungsi-fungsi lagi.
Framework juga dapat diartikan sebagai kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman seperti koneksi ke database, pemanggilan variabel, file,dll sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangunaplikasi.Bisa juga dikatakan Framework adalah komponen pemrorgaman yang siap re-use kapansaja, sehingga programmer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama. Dan saya akan menggunakan Boostrap Dan Jquery.

Nah teman-teman, ada beberapa langkah untuk menggunakan Bootstrap pada halaman web, salah satu nya adalah sebagai Berikut :

1. Download terlebih dahulu bootstrap di website di bawah ini :



2. Langkah selanjutnya yakni dengan menginstal terlebih dahulu  bootstrap nya


3. Kemudian kita simpan di dalam folder di local disk c:xampp>htdocs>praktikum(sesuai dengan nama folder yang telah anda buat) 


4. Lalu hidupkan xampp control panel , karna bila tidak kita hidupkan nanti xampp nya tidak akan berfungsi



5. Langkah selanjutnya dengan membuatlah sebuah file dengan nama index.php, kemudian simpan file tersebut dalam folder praktikum setelah itu panggilah module Bootstrap dan jQuery di halaman index seperti gambar di bawah ini :





Ini tadi teman-teman beberapa langkah untuk penggunaan Bootstrap pada halaman web, Semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca yang sedang membutuhkan.
Lebih dan kurang nya saya mohon maaf dan saya ucapkan terima kasih J

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates