Senin, 19 September 2016

JAVA PROGRAMMING

    1.     SEKILAS BAHASA PEMOGRAMAN


Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantikyang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi

2. Pengenalan Java

   Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem. Java pertama kali dikonsepkan oleh James Gosling, Patrick Naughton, Cris Warth dan rekan-rekan lainnya di Sun Microsystem pada tahun 1991. Awalnya Gosling memulai Green Project untuk membuat bahasa komputer yang digunakan pada chip-chip embedded. Bahasa ini pada awalnya disebut “Oak” tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya.Nama “Java” sendiri konon diambil dari nama sebuah biji kopi yang berasal dari jawa (dalam bahasa inggris; jawa = java) kesukaan Gosling. Karena orang-orang di Green Project terbiasa menggunakan UNIX yang berbasis C++ dan bukan pascal, maka kebanyakan sintaks diambil daribahasa C, serta mengadopsi orientasi objek C++ dan bukan prosedural.

      A.    Pengenalan User Interface aplikasi yang digunakan
   User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire

3. Dasar-Dasar Pemrograman Java

A.    Tipe Data dan Variabel
Variabel Adalah tempat atau wadah untuk menyimpan sebuah data atau nilai/value
pada memori ataumerupakan container yang digunakan untuk menyimpan suatu 
nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu. Pada dasarnya ada dua macam 
tipe variabel data dalam bahasa Java, yakni tipe primitif dan tipe reference. 
Adapun tipe primitif meliputi:
Tipe boolean
Tipe numeric (Byte, Short, Int, Long, Char, Float, Double)
Tipe data variabel reference terdiri :
Tipe class
Tipe array
Tipe interface
Jenis standar tipe data dan interval yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java 
terdiri dari:

Byte
Tipe data dengan nilai 8 bit merupakan nilai integer dan memiliki nilai minimum
-128 dan nilai maksimum +127. Byte merupakan tipedata yang cocok untuk
angka-angka yang kecil dan untuk menyatakan nilai array sebuah tabungan memori.

Short
Tipe data dengan nilai 16 bit merupakan nilai integer dan memiliki nilai minimum 
-32.768 dan nilai maksimum +32.767. sama halnya dengan byte, tipe data ini bisa digunakan untuk angka yang kecil dan bisa dipakai untukmenyatakan nilai array yang cukup besar dari byte

Int ( Integer )
Tipe data dengan nilai 32 bit merupakan nilai integer dan memiliki nilai minimum
- 2147483648 dan nilai maksimum +2147483647. Tipe data ini digunakan untuk 
nilai yang memiliki jangkauan besar. Dan jika kita menggunakan yang lebih besar lagi maka kita menggunakan long integer.

Long
Tipe data dengan nilai 64 bit dan memiliki nilai minimum -9.223.372.036.854.
775.808 dan nilai maksimum +9.223.372.036.854.775.807. tipe data ini digunakan
untuk nilai yang lebih luas jangkauannya dengan tipe data int

Float ( Floating Point Number )
Tipe data dengan nilai 32 bit, rentang nilainya nanti ada pembahasannya selanjutnya.
Tipe data ini cocok digunakan pada nilai-nilai yang besar seperti 
halnya besaran
nilai mata uang dan penggunaan tipe data ini menggunakan memory yang besar. 
Dan dalam kondisi ini kita menggunakan java.match.BigDecimal.

Double
Tipe data dengan nilai 64 bit, rentang nilainya nanti ada pembahasannya selanjutnya. 
Tipe data ini mengandung nilai decimal dan tidak cocok untuk nilai-
nilai seperti mata uang.

Boolean (Bool)
Tipe data yang memiliki dua buah nilai, yaitu true atau false (benar atau salah).Untuk 
besaran nilai tidak bisa di tetapkan.


Char (Karakter)
Tipe data dengan nilai 16 bit kisaran nilai dari 0 (\u0000’) –65535(‘\uffff’)

String
Tipe data string ini memungkinkan variabel menyimpan informasi untaian karakter, 
seperti kata atau kalimat. Dalam contoh sebelumnya, nama yang Anda gunakan 
pada web form, informasi tersebut akan disimpan dalam variabel bertipe data string


B.     Operator Aritmatika Logika dan Relasional

1. Operator Aritmatik
Operator ini membentuk perhitungan aritmatik. Kedua operan dari operasi aritmatik ini dapat berupa nilai integer atau real.
Operator yang termasuk tipe ini adalah:
Lambang Deskripsi Contoh
Lambang
Deskripsi
Contoh
+
Penjumlahan
x = y + z
-
Pengurangan
x = y – z
*
Perkalian
x = y * z
/
Pembagian
x = y / z
%
Modulo (sisa bagi)
x = y % z
Output dari operasi aritmatik akan memiliki tipe data yang sama dengan tipe data kedua operannya. Misalnya, jika sebuah bilangan integer dijumlahkan dengan bilangan integer lainnya maka outputnya adalah bilangan integer juga. Selain itu perlu diperhatikan pula bahwa sebuah operator aritmatik tidak dapat diterapkan pada dua bilangan dengan tipe data yang berbeda.
Contoh program dengan operasi aritmatik:
Program Aritmatik
IS:Tersedia dua buah bilangan integer
FS:Hasil Modulo duabuah bilangan */
#include 
main () {
Deklarasi Variabel
int iTambah;
int iAngka1, iAngka2;
printf(“Masukan Bilangan Pertama : ”);
scanf(“%i”, iAngka1);
printf(“Masukan Bilangan Kedua : ”);
scanf(“%i”, iAngka2);
Penjumlahan
iTambah = iAngka1 + iAngka2;
printf(“Hasil Penjumlahan %i + %i = %i”, iAngka1, iAngka2, iTambah);
return 0;
}
Program di atas akan mengembalikan nilai hasil penjumlahan sesuai dengan inputan. Misalnya pada inputan pertama kita masukan 10 dan yang kedia kita masukan 23 maka hasilnya adalah 33. outputnya adalah:
Masukan Bilangan Pertama : 10
Masukan Bilangan Kedua : 23
Hasil Penjumlahan 10 + 23 = 33

2.Operator logika 
Operator logika adalah operator yang digunakan untuk mengkombinasikan hasil ekspresi yang mengandung operator relasional. 
Tiga macam operator logika adalah:

Lambang Deskripsi Contoh 
 
Lambang 
Deskripsi 
Contoh 
&& 
And / Dan
x > 7 && x = y
|| 
Or / Atau
x != y || x > 3
Not / Tidak
! (x > y)
Pola penggunaan operator logika adalah:
ekspresi1 OPERATOR ekspresi2
Output dari penggunaan operator AND dan OR adalah sebagai berikut:

ekpresi1 ekspresi2 kombinasi dengan
ekpresi1 
ekspresi2 
kombinasi dengan
AND 
OR 
True
True
True
True
True
False
False
True
False
True
False
True
False
False
False
False

Pola yang mudah untuk mengingat output kedua operator logika tersebut adalah: True AND True = True, False OR False = False.
Beberapa contoh penggunaan operator logika:
(x > 7) && (x = y)
Jika ternyata nilai x adalah 8 dan y adalah 5, maka
(8 > 7) && (8 = 5)
True AND False
False (output operasi)
(x != y) || (x > 3)
Jika ternyata nilai x adalah 4 dan y adalah 4, maka
(4 != 4) || (4 > 3)
False OR True
True (output operasi)
NOT (x > y)
Jika ternyata nilai x adalah 3 dan y adalah 3, maka
NOT (3 > 3)
NOT (False)
True (output operasi)

3. Operator Relasional
Operator ini membandingkan dua operan dan hasilnya berupa nilai boolean (BENAR atau SALAH). Operasi relasional dapat dilakukan pada dua nilai dengan tipe data yang sama: tipe data integer, riil, char, string, maupun boolean. Berikut ini adalah operator relasional:
Lambang Deskripsi Contoh
 
Lambang 
Deskripsi 
Contoh 
== 
Sama dengan
x == y
!= 
Tidak sama dengan
x != y
Lebih dari
x > y
Kurang dari
x < y
>= 
Lebih dari atau sama dengan
x >= y
<= 
Kurang dari atau sama dengan
x <= y



   
 C. Static Dan Dynamic Pada Pemrograman Java

Static 
terdapat keyword static. Apa fungsi dari keyword static itu sendiri Dengan menggunakan static maka method dan variable akan menjadi milik class, bukan menjadi milik suatu instance. Bila di suatu classterdapat static variable dan static method, maka apabila ada class lain yang ingin menggunakannya dapat langsung memanggil variable atau method tersebut dengan format: NamaClass.namaStatic
VariableAtauMethod. Kita tidak perlu lagi membuat suatu objek dari class tersebut.

Dynamic
Tidak seperti bahasa pemrograman berorientasi obyek C++ yang memerlukan kompilasi ulang secara menyeluruh bila kelas di atasnya(parent class) mengalami perubahan, Java menggunakan metode
interfes (interface) untuk menghilangkan ketergantungan ini, sehingga kelas di bawahnya 
(child class) atau obyek klien (client object) tidak akan terpengaruh 

4. Struktur Kontrol. 

A.    If Tunggal 
Pernyataan control IF Tunggal adalah kondisi dimana pernyataan control hanya memiliki 1 buah pernyataan if.
Bentuk Umum dari pernyataan IF Tunggal adalah :
if (kondisi)
                        Perintah;
Penjelasan :
Jika kondisi benar, maka perintah akan di jalankan
B.     If Majemuk
 Pernyataan control IF Majemuk adalah kondisi dimana pernyataan control memiliki lebih dari 1 buah pernyataan if.
Bentuk Umum dari pernyataan IF Majemuk adalah :
if (kondisi 1)
                        perintah 1;
                if (kondisi 2)
                        perintah 2;
                …………. dst
                if (kondisi ke-n)
                        perintah ke-n;

Selain bentuk umum di atas, juga bisa di tulis dalam bentuk pernyataan if – else seperti berikut ini :
if (kondisi 1)
                        perintah 1;
                if (kondisi 2)
                        perintah 2;
                …………. dst
                if (kondisi ke-n)
                        perintah ke-n;

      C.    Switch dan Break
     Switch dan break Bentuk dari Switch-case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch - case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else bertingkat.

5 Struktur Pengulangan

dalam sebuah program perulangan sangat penting dan memiliki berbagai manfaat, perulangan dapat digunakan untuk menghemat penulisan sintaks pada suatu program.Dalam Java, struktur perulangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah while-loop, do-while-loop, for-loop dan case of.

A. for :

perulangan ini adalah perulangan yang dapat kita definisikan sendiri nilai awalnya, banyaknya perulangan, dan ekspresi yang akan dilakukan pada akhir statement.
sintaks:
for(initial:kondisi:iterasi){
statement(s);
}
contoh penggalan program:
for(int x=1;x<=10;x++){
System.out.print(x+”  “);
}
.

B.  while :

perulangan ini digunakan untuk mengulang statement-statement yang ada di dalam blok perulangan jika kondisi bernilai benar.
sintaks :
while(kondisi){
statement(s);
}
jadi jika pada awal kondisi sudah bernilai salah maka perulangan tidak akan dilakukan sama sekali.

C.  do-while

perulangan ini digunakan untuk mengulang statement-statement yang ada di dalam blok perulangan jika kondisi bernilai benar.
sintaks :
while(kondisi){
statement(s);
}
jadi jika pada awal kondisi sudah bernilai salah maka perulangan tidak akan dilakukan sama sekali.
6. Array
Array adalah suatu type data yang mampu di isi dengan lebih dari 
satu nilai. Dan untuk pengaksesan nilai pada array ini 
digunakan indeks atau berdasarkan letak nilai tersebut pada array. 
Yang harus andaperhatikan adalah bahwa data yang 
berada dalam suatu array mempunyai tipe yang sama.

    A.    Array Dimensi Satu
  Array 1 dimensi adalah array yang deretan nilainya adalah linier dan squensial, atau sering disebut sebagai representasi data bentuk row atau 1 dimensi.

   B.     Array Dimensi Dua
   Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui 2 indeks atau subskrip yaitu indeks baris dan indeks kolom.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates